PENTAS SENI TARI KREASI “WONDERLAND INDONESIA”

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Nurul Huda, Pada Kamis 7 Desember 2023 mengadakan Annual Event Pentas Tari yang bertemakan tari kreasi baru. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tugas praktik akhir semester mata kuliah Seni Budaya dan Keterampilan dengan dosen pengampu Dyah Pravitasari, M.Pd.

Kegiatan ini dimaksudkan selain mendapatkan nilai akhir mata kuliah SBK, calon guru sekolah dasar diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan dalam berbagai kompetensi, tidak hanya sekedar teori tetapi juga dalam hal praktik. Hal ini penting karena calon guru diharapkan dapat mengajarkan seni secara praktis kepada peserta didiknya. Mata kuliah SBK bukan bertujuan membentuk seorang ahli penari ataupun seniman, tetapi membentuk calon guru SD yang mampu memahami dan mengaplikasikan seni kepada peserta didiknya kelak, sehingga seni tersebut dapat menjadi sarana ekspresi, komunikasi, pengembangan bakat serta kreativitas bagi perkembangan peserta didik.

Bertempat di kampus B Universitas Nurul Huda Sukaraja dengan dihadiri oleh dosen dan mahasiswa UNUHA, lima puluh enam mahasiswa PGMI semester V kampus B dan kampus C yang terbagi atas sebelas kelompok, sukses menampilkan seni tari kreasi baru.

Dyah pravitasari, M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Seni Budaya dan Keterampilan memberikan apresiasi, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak terlepas dari adanya sebuah edukasi tentang seni tari yang didalamnya terdapat aspek wiraga, wirahma, wirasa, dan harmoni. Terakhir ekspresi atau penghayatan perlu dijaga pada setiap penampilan.

Kemudian Dekan Fakultas Agama Islam Marlina, M.Pd.I, beliau menyampaikan agar kegiatan ini di dokumentasikan, videonya bisa menghasilkan luaran untuk membantu akreditasi PGMI lebih meningkat lagi, karena kegiatan ini salah satu prodak dari mata kuliah. Seni adalah hal-hal yang indah mampu mengasah skill dan karya. SBK menghasilkan guru PGMI yang mempunyai kemampuan dibidang seni.

Lebih lanjut lagi Kaprodi PGMI menyampaikan bahwa “Ia sangat mengapresiasi kegiatan pentas tari ini, berharap kegiatan ini bisa menjadi kegiatan yang berkelanjutan untuk tiap tahunnya” Ujar Ratih Purnama Pertiwi, M.Pd.

Seni Tari tersebut memiliki makna atau pesan yang dapat menjadi contoh maupun inspirasi bagi para penonton dan khususnya bagi calon peserta didik mereka kelak. Setelah kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu menerapkannya kepada peserta didik dan tidak berhenti untuk terus berkarya.

Berikut foto foto kegiatannya.

Tinggalkan komentar