DAMPAK BULLYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Motivasi belajar merupakan rangsangan yang dibangun dalam pembelajaran dengan prinsip meningkatkan sikap dan keterampilan dengan berbagai cara misalnya penggunaan model inovatif, metode, dan media pembelajaran. Motivasi belajar sangat urgen untuk diperhatikan dalam pembelajaran, faktor motivasi belajar akan terfokus padaperhatian, kepuasan, dan kepercayaan diri.

Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah motivasi. Pentingnya motivasi dalam kegiatan belajar adalah untuk mendorong siswa dalam belajar. Guru diharapkan dapat memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.

perilaku bullying merupakan bentuk kekerasan yang dilakukan teman sebaya kepada seseorang (anak) yang lebih rendah atau lebih lemah untuk mendapatkan keuntungan atau kepuasan tertentu. Masalah tersebut dapat memengaruhi peserta didik ketika berada di lingkungan sekolah, peserta didik seringkali merasa kesulitan dalam pembelajaran. Di setiap sekolah dalam berbagai jenis dan tingkatan pasti memiliki anak didik yang berkesulitan belajar. Kurangnya motivasi belajar juga mempengaruhi tindakan bullying terhadap peserta didik.

Dampak bullying terhadap motivasi belajar siswa yaitu siswa memiliki malu berkomunikasi dengan teman kelas karena selalu di ejek, belajar tidak nyaman, memicu konflik antar kelompok/geng pelajar, suka menyendiri, dampak psikologis anak.

Upaya yang dilakukan untuk menghindari dampak bullying terhadap motivasi belajar di sekolah yaitu upaya preventif oleh kepolisian, TNI dalam memberikan sosialisasi dampak buruk terhadap perbuatan bullying,pemerintahan daerah menyusun kebijakan yang mengatur khsusus tentang bullying di sekolah,keluarga berperan penting dalam mengontrol dan mengawasi pergaulan anak, sekolah terus berperan dengan mengkampayekan dampak negatif bullying, dan pelibatan masyarakat untuk ikut mengawasi dan mengontrol kinerja sekolah.

Nama:Yola Novita Sari

Nim:2286232071

Prodi:PGMI

Tinggalkan komentar