FAKTOR YANG MEMPENNGARUHI HASIL BELAJAR SISWA

Rendahnya kualitas hasil belajar siswa disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang dialami dan diinternalisasikan yang mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa antara lain: sikap terhadap belajar, minat dan motivasi belajar, konsentrasi belajar, sedangkan faktor eksternal meliputi hal-hal seperti: guru sebagai pembina belajar, sarana dan prasarana pembelajaran, kebijakan penilaian, lingkungan sosial siswa di sekolah dan di rumah serta kurikulum sekolah. Mempelajari sesuatu yang menarik perhatian, tentu akan lebih mudah diterima dibandingkan mempelajari hal yang tidak menarik perhatian, mempelajari hal ini juga tidak bisa dianggap remeh atau tidak penting. Dalam hal minat, tentunya seseorang yang berminat pada suatu bidang tertentu akan lebih mudah mempelajari bidang tersebut.

Pembelajaran tentunya akan berujung pada kinerja sekolah yang dicapai yang akan menggambarkan keberhasilan dan keberhasilan dalam pembelajaran. Untuk mencapai pembelajaran yang baik, banyak hal yang mempengaruhinya, antara lain metode pembelajaran yang digunakan guru. Prestasi belajar akan tercapai dengan baik bila semua faktor mendukung, seperti metode pengajaran, dengan metode yang menarik yang dapat menjadi jembatan untuk mencapai kompetensi. Rendahnya kualitas belajar siswa disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal.

Faktor internal yang dialami dan faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa dan hasil yang diinternalisasi antara lain: sikap terhadap belajar, minat dan motivasi belajar, konsentrasi belajar, sedangkan faktor eksternal meliputi hal-hal seperti: guru sebagai pelatih pembelajaran, sarana dan prasarana pembelajaran, kebijakan penilaian, lingkungan sosial siswa di sekolah dan di rumah serta kurikulum sekolah. Mempelajari sesuatu yang menarik perhatian akan lebih mudah diterima dibandingkan mempelajari sesuatu yang tidak menarik perhatian, pembelajaran ini juga tidak bisa dianggap remeh atau tidak penting. Dalam kasus yang menarik tentunya seseorang yang tertarik pada bidang tertentu akan lebih mudah mempelajari bidang tersebut. Belajar tentunya akan bermuara pada kinerja sekolah yang akan dicapai mencerminkan keberhasilan dan keberhasilan dalam belajar. Untuk mencapai pembelajaran yang baik banyak hal yang mempengaruhinya, antara lain metode pembelajaran yang digunakan guru. Kinerja pembelajaran akan tercapai dengan baik bila semua faktor mendukungnya, seperti metode pengajaran, dengan metode yang menarik yang dapat menjadi jembatan untuk mencapai kompetensi.

NAMA : ANGGI MONICA

NIM : 2286232069

Tinggalkan komentar