Visiting Lecture: Program Studi PGMI UNUHA ke Universitas Geometri Malaysia

OKU Timur, 3 Juli 2024 – Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Nurul Huda kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan inklusif dengan mengadakan program visiting lecture ke Universitas Geometri Malaysia. Kegiatan ini mengusung tema “Strategi Pembelajaran Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tingkat Dasar” dan dihadiri oleh mahasiswa.

Visiting lecture ini merupakan bagian dari upaya Program Studi PGMI Universitas Nurul Huda untuk memperkaya wawasan dan keterampilan para dosen serta mahasiswa dalam menerapkan strategi pembelajaran inklusif yang efektif. Pembelajaran inklusif adalah pendekatan pendidikan yang menekankan pada pemberian kesempatan yang sama bagi semua anak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, untuk belajar dalam lingkungan yang sama.

Dalam acara tersebut, Ketua Prodi PGMI Ratih Purnama Pertiwi, M.Pd membagikan pengalaman dan pengetahuan tentang praktik terbaik dalam mengajar anak berkebutuhan khusus di tingkat dasar. Materi yang disampaikan mencakup metode pengajaran yang adaptif, penggunaan teknologi bantu, serta pendekatan psikologis yang mendukung perkembangan anak secara holistik. Program visiting lecture ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kompetensi dosen dan mahasiswa. “Kegiatan ini memberikan wawasan baru bagi kami dalam merancang dan menerapkan strategi pembelajaran yang lebih inklusif. Kami berharap dapat menerapkan pengetahuan yang didapatkan di sini untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, terutama dalam mendukung anak-anak berkebutuhan khusus,” ujarnya.

Selain sesi perkuliahan, program ini juga mencakup diskusi panel dan workshop interaktif yang memungkinkan peserta untuk berbagi pengalaman dan ide-ide inovatif dalam pendidikan inklusif.

Program visiting lecture ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam memperluas kerjasama akademik dan penelitian antara Universitas Nurul Huda dan Universitas Geometri Malaysia. Dengan demikian, kedua institusi dapat saling belajar dan bertukar pengetahuan demi kemajuan pendidikan inklusif di Asia Tenggara.

Kegiatan ini juga menjadi bukti nyata komitmen Program Studi PGMI Universitas Nurul Huda dalam mendukung pengembangan pendidikan inklusif yang berkualitas. Diharapkan, hasil dari program ini dapat diterapkan dalam kurikulum dan praktik pengajaran di Indonesia, sehingga semakin banyak anak berkebutuhan khusus yang mendapatkan akses pendidikan yang layak dan setara.

Tinggalkan komentar